Cara pembuatan gitar





Sekarang kami akan membahas tentang proses pembuatan dan bahan yang digunakan untuk membuat gitar. Bahan yang biasa digunakan adalah kayu mahoni. Hampir semua  gitar akustik menggunakan bahan dasar dari kayu ini. Akan tetapi, kita juga bisa memilih sendiri bahan yang akan kita gunakan untuk membuat gitar sesuai dengan keinginan kita, atau biasa kita sebut dengan istilah custom.
Berikut ini adalah langkah-langkah singkat dalam pembuatan gitar.

Mulai dari pembuatan body gitar,
1.  Memilih jenis kayu untuk gitar akustik.Ringan, tahan lama, yang banyakdipakai biasanya cedar, cemara, maple, mahoni, kenari, rosewood
2.  Pembuatan bagian depan dan belakang gitarakustik. Depan dan belakang mesti sama, kemudian lembaran kayu ini dijepit. Semakin besar lubang suara pada gitar akustik, suara semakin treble semakin kecil lubang, semakin ngebass.
3. Pembuatan sisi gitar akustik. Kayu direndam dalam air panas mendidih, kemudian sisi gitar mulai dibentuk, bisa pakai tangan atau cetakan.
4. Pembuatan Neck
5. Menghubungkan kedua sisi depan dan belakang dengan menggunakan lem.
6. Menempatkan brace (penguat soundboard dan penopang punggung gitar). Penempatan berbeda menghasilkan kualitas suara yang berlainan pula.

lalu diikuti dengan proses Finishing,
Meliputi pernis, memasang neck, truss rod, bridge, headstock, tuning machine dan seterusnya.

0 comments:

Copyright © 2013 Toko Online Guitar Nesia